potongan daging sapi

PANDUAN SEMUA POTONGAN DAGING SAPI NIH, SIAPA YANG BELUM TAHU?

Setiap bagian dari potongan daging sapi memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Bisa dikatakan bahwa kelezatan masakan yang menggunakan daging sapi sangat tergantung jenis potongan daging yang dipergunakan dalam setiap masakan. Yang penting diketahui oleh konsumen adalah potongan mana yang paling tepat untuk dimasak dan juga teknik memasaknya.

 

APA ITU PRIME CUT DAN SECONDARY CUT?

Potongan utama/ prime cuts diberikan oleh daging yang berasal dari sapi muda dan paling banyak memiliki marbling, biasanya ada dibagian tengah sapi. Bagian daging sapi yang masuk dalam kategori ini adalah sirloin, tenderloin, rump, porterhouse, dan T-bone. Daging-daging tersebut sangat tender/empuk karena hanya sedikit aktifitas otot dibandingkan dengan bagian tubuh sayang lain. Kisaran harga untuk prime cut pun lebih mahal
dibanding secondary cut.

Sedangkan secondary cut adalah bagian dari sapi yang memiliki banyak jaringan ikat (connective tissue). Jaringan ini membuat proses pemotongan lebih keras dan banyak ditemukan di pemotongan daerah bahu dan kaki, karena paling banyak melakukan kerja otot. Bagian secondary cuts ini kaya akan rasa. Dapat dimasak dengan empuk seperti prime cut apabila potongan dan cara memasak yang tepat. Selain itu juga dapat menjadi pilihan yang ekonomis karena harganya yang lebih murah dibanding prime cut.
 

sumber Gambar: https://www.thespruceeats.com/